Senin, 21 Desember 2015

Pengembangan Teknologi Informasi Pembelajaran
Pendidkan Agama Islam
Manfaat Blog Bagi Guru dan Siswa
A.      PENDAHULUAN
Di dunia pendidikan, selalu berinovasi, orang  tidak akan merasa puas dengan apa yang sudah dipakai dan digunakan untuk mencapai tujuan yang inginkan. Proses belajar mengajar adalah inti aktivitas dalam pendidikan. Proses ini terjadi antara pengajar dan pelajar serta dipengaruhi oleh hubungan yang ada dalam proses tersebut. Ini menyebabkan metode belajar juga dipengaruhi oleh metode mengajar dari pengajarnya. Seiring dengan pesatnya perkembangan di dunia telekomunikasi yang ditandai dengan era digitalisasi, khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi, tentunya proses belajar mengajar juga dituntut adanya penyesuaian penggunaan metode dalam proses belajar mengajar.
Penyelenggara pendidikan jelas memerlukan sarana dan prasarana,antara lain Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai penunjang kegiatan belajar-mengajar sehingga dapat menjawab tantangan-tantangan yang ada, khususnya untuk peningkatan kualitas proses belajar mengajar. Konsep pendidikan yang semakin berkembang dan sedikit demi sedikit meninggalkan format sebelumnya. Jika konsep sebelumnya menggunakan teaching approach, namun sekarang dunia pendidikan sudah beralih pada konsep learning approach.
Pada konsep learning approach penyampaian ilmu pengetahuan, dan juga termasuk proses pembelajaran adalah berbasis multimedia dan elektronik. Konsep ini kemudian dikenal dengan sebutan e-learning yang membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi (content) maupun sistemnya. Konsep ini menjadi alternatif yang sepadan dengan konsep teaching approach yang berbasis pendidikan.
Kini pembelajaran mendapat tantangan dari adanya teknologi informasi dan komunikasi yang memperlihatkan perkembangan luar biasa. Semula konsep pembelajaran terfokus pada proses pembelajaran sebagai suatu penyajian berbagai pengetahuan, namun kini, teknologi berperan  menjadi salah satu bentuk konsep proses pembelajaran untuk melakukan eksplorasi berbagai pengetahuan karena, kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi begitu pesat menawarkan berbagai kemudahan-kemudahan baru dalam pembelajaran,yang memungkinkan terjadinya pergeseran orientasi belajar pada pelajar.ediaTeknologi mampu berperan  menjadi suatu bimbingan untuk melakukan eksplorasi berbagai persoalan yang kaya akan pengetahuan.
Permasalahan yang sering muncul berkenaan dengan penggunaan media pembelajaran, yakni ketersediaan dan pemanfaatan. Ketersediaan media, masih sangat kurang sehingga para pengajar menggunakan media secara minimal. Media yang sering digunakan adalah media cetak (diktat, modul, hand out, buku teks, majalah, surat kabar, dan sebagainya), media tersebut digunakan oleh pengajar, karena mudah dicari serta alat dukungnya sederhana  seperti papan tulis/white board dan kapur/spidol. Sementara media audio dan visual (kaset audio, siaran TV/Radio, overhead transparency, video/film,), dan media elektronik (komputer, internet) masih belum secara intensif dimanfaatkan,karena keterbatasan sarana dan keterbatasan  kemampuan pengajar dalam menggunakan serta memanfaatkanyamedia terutama yang bernuansa elektronik.Jadi alat/sarana tersebut jarang dipakai.
Pada kesempatan ini akan mencoba membahasyang berhubungan dengan   media Web Blog sebagai salah satu media pembelajaran  yang menggunakan Internet.
B.     PEMBAHASAN
1.      Sejarah Internet dan Web Blog
Sejarah Internet
[[Internet]] merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), mereka mendemonstrasikan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.Proyek tersebut merancang informasi yang dapat dipindahkan, dan dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) Tujuan dibangunnya proyek itu untuk militer mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk  menghindari terjadinya informasi terpusat,
Mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Sehinga banyak yang bergabung dan mendapat kesulitan.Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan dikenal dengan nama DARPA Internet,dan disederhanakan menjadi Internet.[1]
2.      Sejarah Web Blog
a.       sejarah Web Blog
Di masa lalu, dunia web masih sederhana, tidak menarik,. Kemudian berangsur-angsur muncullah gambar, suara, animasi, dan video menjadi lebih menarik. Walaupun demikian, tampilan halaman web masih terlihat statis.Jhon barger adalah yang pertama kali memperkenalkan nama blog pada tahun 1997. Ia menggunakan istilah weblog untuk menyebut kelompok website  pribadi yang selalu update secara kontinyu dan berisi link-link website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Sedangkan situs pitas (www.pitas.com) adalah situs yang pertama kali menciptakan layanan blob online dan gratis pada bulan juli 1999. satu bulan kemudian, yaitu bulan agustus 1999, sebuah perusahaan disanfransisco bernama pyra laboratory (www.pyra.com) meluncurkan layanan blogger (www.blogger.com) hingga saat ini menjadi salah satu layanan blogger terbesar yang ada diinternet. Layanan tersebut memungkinkan siapa pun dengan pengetahuan dasar html dan pemrograman web, dapat menciptakan blog-nya sendiri secara online dan gratis. Dengan kemudahan layanan ,diberikan oleh beberapa situs yang mengelola blog tersebut, perkembangan blogger pun bertambah pesat. Sejak saat itu, blog kian hari kian bertambah pesat hingga makin sulit untuk mengikutinya. [2]
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakui oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog yang disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.

3.      Pengertian Web Blog
Menurut wikipedia.com, Blog adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisantulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.  Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.[3]
Pengertian Blog yang lain ,Blog adalah singkatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau Platform host yang sangat mudah pengguna, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar. [4]
Dalam definisi yang lebih formal, blog adalah website yang mengandung isi dalam urutan waktu terbalikn dan terdiri atas posting-posting. Posting terdahulu akan ditampilkan terlebih dahulu, Baru kemudian posting yang lama.[5]
Jadi Blog adalah semacam buku harian online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya kedalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. hasil dari tulisan itu dapat dilihat secara online melalui internet.Selain itu pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada tulisan pemilik blog. Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula mengupload file. sehingga pengunjung dapat mendownload file yang kita masukkan.
4.      Jenis;jenis Web Blog
Jenis-jenis Blog
a.       Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye)
b.      Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman
c.       Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
d.      Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keteranganketarangan tentang kesehatan, dll.
e.       Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
f.       Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
g.      Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
h.       Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
i.        Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televise
j.         Blog agama: Membahas tentang agama
k.       Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
l.        Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
m.    Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
n.      Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
o.      Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
p.      Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka[6]

5.      Tinjauan Tentang Media Pembelajaran
a.        Pengertian Media Pembelajaran
Menurut asal katanya, media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata Medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Media adalah perantara atau pengantar pesan moral dari pengirim ke penerima pesan.[7] Heinich dan kawan-kawan mengemukakan istilah medium sebagai perantara yang mengantar informasi antara sumber dan penerima.[8]
Menurut Gagne yang dikutif, Arief S sadiman , Dkk,dalam buku Media Pendidikan, mengatakan bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar. Sementara itu Briggs berpendapat bahwa media adalah segala alat fisik yang dapat menyediakan pesan serta merangsang siswa untuk belajar. Buku , film, kaset, Film bingkai adalah contoh-contohnya.[9]
        Menurut  pendapat Anderson yang dikutif Sudarwan Danim ,dalam buku Fathurrohman    berjudul,Teknologi Dan Media Pembelajaran, dalam Pemilihan dan pengembangan media untuk pembelajaran mengatakan bahwa media pembelajaran adalah media yang memungkinkan terwujudnya hubungan langsung antara karya seseorang pengembang mata pelajaran dengan seorang siswa. Secara umum wajarlah bila peran seorang guru yang mengunakan media pembelajaran sangat berbeda dari seorang guru biasa. Sedangkan menurut Sudarwan Danim, Dalam media komunikasi pendidikan mendefinisikan media pengajaran sebagai perangkat alat bantu pelengkap yang digunakan oleh guru atau pendidik dalam rangka berkomunikasi dengan siswa atau peserta didik.[10]
Dari beberapa definisi tentang media pembelajaran tersebut di atas baik secara harfiah maupun dalam arti yang sesunguhnya, dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk meyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses terjadinya pembelajaran pada diri siswa.
Pengunaan media secara kreatif akan memperbesar kemungkinan siswa untuk lebih banyak mengecam apa yang dipelajarainya dengan baik, dan meningkatkan performance mereka dalam menampilkan ketrampilan-ketrampilan tertentu sesuai dengan apa yang menjadi tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Disamping itu, media bukan hanya sekedar menjadi alat bantu penyalur pesan kepada siswa, dan dengan media peranan guru akan berubah, yang semula menjadi penyaji, berubah menjadi pengelola.[11]
b.      Klasifikasi dan Macam-macam Media pembelajaran
 Media pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi tergantung dari sudut mana melihatnya
1)      Dilihat dari sifatnya, media dapat dibagi kedalam:
a)      Media auditif, yaitu media yang hanya dapat didengar saja, atau media yang hanya memiliki unsur suara, seperti Radio dan rekaman suara.
b)      Media visual, yaitu media yang hanya dapat dilihat saja, tidak mengandung unsur suara. Yang termasuk ke dalam media iniadalah film slide, foto, transparasi, lukisan,gambar dan berbagai bentuk bahan yang dicetak seperti media grafis.
c)      Media audio visual, yaitu jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat, seperti rekaman video, berbagai ukuran film, slide suara, dan lain-lain sebagainya. Kemampuan media ini dianggap lebih baik dan lebih menarik, sebab mengandung kedua unsur jenis media yang pertama dan yang kedua.
2)       Dilihat dari kemampuanya media dapat pula dibagi kedalam:
a)      Media yang memiliki daya liput yang luas dan serentak seperti radio dan televisi. Melalui media ini siswa dapar mempelajari hal-hal atau kejadian-kejadian yang secara actual secara serentak tanpa harus mengunakan ruangan khusus
b)      Media yang mempunyai daya liput yang terbatas oleh ruangan dan waktu, seperti film slide, film, video dan lain sebagainya.
3)      Dilihat cara atau teknik pemakaianya, media dapat dibagi kedalam:
a)      Media yang diproyeksikan, seperti film, slide, film strip, transparansi, dan lain sebagainya. Jenis alat yang demikian membutuhkan alat proyeksi khusu, seperti film projector untuk memproyeksikan film, slide projector untuk memproyeksikan film slide, Over Head Projector, (OHP) untuk memproyeksikan transparansi. Tanpa alat dukungan alat proyeksi semacam ini, maka media semacam ini tidak akan berfungsi apa-apa.
b)      Media yang tidak diproyeksikan, seperti gambar, foto lukisan, radio, dan lain sebagainya.[12]

c.       Fungsi dan Manfaat Media pembelajaran
Levied an lentz mengemukakan empat fungsi media pembelajaran, khusunya media visual, yaitu:
1.      Fungsi atensi
Media visual merupakan inti, yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. Seringkali pada awal pelajaran siswa yang tidak tertarik dengan materi pelajaran atau satu mata pelajaran yang tidak disenangi oleh mereka sehingga mereka tidak memperhatikan. 
2.      Fungsi Afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar atau membaca teks yang bergambar. Gambar atau lambing visual dapat menggugah emosi dan sikap siswa, Misalnya informasi yang menyangkut masalah social atau ras.
3.      Fungsi Kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penelitian yang mengungkapkan bahwa lambing visual atau gambar memperlancar pencapaian tujuan untuk memahami dan menginggat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar.
4.       Fungsi kompensatoris media pembelajaran terlihat dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk memahami teks membantu yang lemah dalam membaca untuk mengirganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali. Dengan kata lain, media pembelajaran berfungsi mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami ini pelajaran yang disajikan dengan teks atau disajikan secara verbal.[13]
Bahwa dalam mengunakan media pendidikan sebagai alat komunikasi khususnya dalam hubungannya dengan masalah proses belajar mengajar, kiranya harus didasarkan pada kriteria pemilihan yang obyektif. Sebab pengunaan media pendidikan tidak sekedar menampilkan program pengajaran  ke dalam kelas. Karena harus dikaitkan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, strategi kegiatan belajar mengajar dan bahan.
Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan terhadap pemilihan prioritas pengadaan media pendidikan sebagai berikut:
a.       Relevansi pengadaan media pendidikan edukatif
b.      Kelayakan pengadaan media pendidikan edukatif
c.       Kemudahan pengadaan media pendidikan edukatif.
 Berdasarkan ketiga Faktor tersebut, maka dalam memberikan prioritas pengadaan media pendidikan perlu diadakan pengukuran untuk ketiga faktor tersebut sesuai dengan jenis dan jenjang pendidikan di sekolah. Setiap media memiliki keungulan dan kelemahan atau keterbatasan.Pengetahuan tentang keungulan dan keterbatasan setiap jenis media menjadi penting, sehinggan guru dapat memperkecil kelemahan atas media yang dipilih. Guru  dapat langsung memilih berdasarkan kriteria yang dikehendaki.
Pemilihan sekaligus pemanfaatan media dengan kriteria berikut ini:
a.       Tujuan, media hendaknya menunjang tujuan pengajaran yang telah dirumuskan.
b.       Keterpaduan (Validitas), Tepat dan berguna bagi pemahaman bahan yang dipelajari
c.       Keadaan peserta didik, Kemampuan daya pikir dan daya tangkap peserta didik dan besar kecilnya kelemahan peserta didik, perlu dipertimbangkan
d.      Ketersediaan, pemilihan perlu memperhatikan ada atau tidak media tersedia diperpustakaan atau disekolah serta mudah sulitnya diperoleh.
e.       Mutu Teknis, Media hartus memiliki kejelasan dan kualitas yang baik.
f.        Biaya, hal ini merupakan pertimbangan bahwa biaya yang dikeluarkan apakah seimbang dengan hasil yang dicapai seta kesesuaian atau tidak.[14]

d.      Blog Sebagai Media pembelajaran

Blog merupakan salah satu media yang dapat mengembangkan kemampuan dan gagasan seseorang melalui tulisan. Maraknya penggunaan Internet di kalangan pelajar, blog dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam proses pembelajaran di sekolah. Melalui tulisannya di blog, siswa dapat mengembangkan hasil dari membaca atau mendengarkan penjelasan dari guru.Dalam sebuah blog terdapat fasilitas yang dapat memperlihatkan tulisan seseorang langsung di internet dan dapat diakses oleh setiap pengguna internet. Hal ini memungkinkan adanya komunikasi antar siswa,guru atau pun pengguna internet lainnya. Tulisan dalam blog juga dapat lebih berkembang dengan adanya komentar-komentar dari pengguna blog lainnya dan memungkinkan terjadinya diskusi secara online.
Pengunaan media blog merupakan pelaksanaan peran seorang guru. Ada 4 peran seorang guru, yaitu : demonstrator, pengelolah (sebagai menejer kelas), dan fasilitator, serta evaluator, [15].Membudayakann pembelajaran melaui blog, pada setiap siswa memerlukan motivasi dari seorang guru agar siswa berani,mau dan,mampu  untuk menuangkan gagasannya serta dapat mengarahkan diskusi melalui blog.Hal itu, tidak terlepas dari dukungan guru sebagai pengajar. Komentar-komentar tentang materi atau tulisan yang sudah dibuat oleh para siswanya merupakan evaluasi dari seorang guru . Selain itu, guru juga bisa menyampaikan materi atau tugas melalui blog sehingga memudahkan penyebaran informasi.
           Blog memberikan sebuah peluang agar kegiatan belajar lebih menarik dan interaktif. Melalui blog, sumber-sumber materi yang relevan dapat di publikasikan ke seluruh penjuru sehingga bisa diakses oleh siapapun. Dengan demikian kesulitan siswa dalam mengumpulkan sumber-sumber informasi yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran dapat diatasi. Oleh karena itu, blog merupakan salah satu media pembelajaran yang strategis untuk meningkatkan proses pembelajaran yang aktif dan interaktif. [16]
 Blog sebagai media pembelajaran mempunyai manfaat bagi guru maupun peserta didik, diantara manfaat tersebut adalah:
1.      Manfaat Blog Bagi Guru
Adapun manfaat blog dalam dunia pendidikan adalah:
1.      Mendorong siswa untuk selalu mendokumentasikan apa yang ada di dalam pikiran mereka, termasuk di antaranya adalah pengetahuan, pengalaman, perasaan, pendapat, dan lain-lain
2.      Sebagai perpustakaan pribadi guru, sehingga dapat dengan mudah seorang guru mengakses informasi yang ada di blognya sendiri serta bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang guru buat tersebu
3.      Cara yang efektif untuk meningkatkan minat belajar para siswanya.Misalnya seorang guru memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai
4.      Sebagai perpustakaan pribadi guru, sehingga dapat dengan mudah seorang guru mengakses informasi yang ada di blognya sendiri serta bisa mendapatkan penghasilan dari blog yang guru buat tersebut. 
5.      Memperkenalkan teknologi internet di kalangan pelajar dan pengajar, juga bisa menjadi terobosan baru di dunia pendidikan.
6.      Blog sebagai Media Pembelajaran. Belajar bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan blog. Biasanya guru yang akan menyediakan bahan diblognya, kemudian para siswa akan dituntut untuk membuka blog tersebut untuk mengikuti proses pembelajaran. Suatu kegiatan yang mungkin terjadi saat ini
7.      Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
8.      Bukti portofolio seorang guru terkait profesionalitasnya
9.      Melepaskan kebiasaan formalitas untuk menghambur uang rakyat.[17]
·      Blog sebagai Sumber Informasi Dalam dunia pendidikan dibutuhkan berbagai macam pengetahuan. Untuk itu guru dan siswa haruslah memiliki berbagai macam buku untuk mengembangkan pengetahuannya. Nah selain buku, ada satu wadah praktis yang bisa dimanfaatkan yaitu blog. Kita bisa mencari berbagai macam pengetahuan dari blog-blog yang ada didunia maya. Memang tingkat keakuratannya tidak begitu tinggi, namun sangat bermanfaat sebagai pelengkap dari pengetahuan yang kita miliki. Karena sebagai mana kita ketahui, internet merupakan jaringan yang sangat cepat, sehingga informasi terbaru juga akan lebih cepat didapatkan. Tentu saja ini membantu penambahan sumber informasi bagi dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun siswa.
2.      Manfaat Blog  Siswa

1.      .Blog sebagai Penunjang Bakat dan Minat Fenomenanya pada saat sekarang ini, tidak semua siswa yang suka ngeblog. Beberapa diantara siswa lebih memilih bakat didunia nyata dibandingkan dunia maya.
2.      Blog sebagai Sarana Promosi Institusi.Bila siswa menggunakan blog, dengan sendirinya  nama sekolahnya jadi tampil. Ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan.
3.      Isinya bisa luas menyangkut banyak hal pengajaran
4.      Bisa dijadikan ajang belajar menulis untuk menuangkan ide
5.      Bukti portofolio seorang siswa terkait  dengan hasil pembelajarannya
6.      Relatif lebih hemat biaya
7.      Menembus ruang
8.      Bebas aturan alias suka-suka yang nulis
9.      Melepaskan kebiasaan formalitas dan dapat menghemat uang .[18]

6.       CARA MEMBUAT BLOG KEREN DI BLOGSPOT
Semakin banyak orang yang melihat potensi dari blog dan berharap menjadi blogger yang terkenal. Tentunya sebagai langkah awal di dunia blogging anda harus mengetahui cara membuat blog. Ada banyak platform blog yang bisa anda coba, tetapi saat ini yang paling praktis masih blogspot.
Untuk mengetahui cara membuat blog di blogspot anda haruslah mempunyai sebuah akunGoogle terlebih dahulu. Anda bisa memiliki akun ini dengan membuat sebuah akun email baru di Google yang biasa kita sebut sebagai GMAIL. Jika saat ini saudara belum mempunyai akun ini silahkan baca artikel di bawah ini untuk panduan membuatnya :
Kalau anda saat ini sudah mempunyai akun email tersebut, maka silahkan ikuti prosedur sederhana di bawah ini untuk memulai membuat blog anda.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT SENDIRI AKUN BLOG BARU DI BLOGSPOT
Untuk membuat sebuah akun di blogspot sangatlah mudah. Bahkan anak SD saja sudah banyak yang mengetahui cara ini, jadi saya yakin saudara pun tidak akan mengalami kesulitan di sini.
Silahkan kunjungi alamat www.blogger.com dan masukkan username dan password dari akun Gmail anda.
Dalam halaman dasbor anda akan melihat gambar anda, dan di bawah gambar itu ada sebuah tombol "Blog Baru". Klik pada tombol itu untuk memulai membuat blog anda.
1.       Anda akan melihat sebuah formulir yang harus diisi untuk membuat blog baru anda. Di dalam formulir ini anda diminta mengisi Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Dasar.

2.      Panduan untuk anda: 
o    Pastikan Judul, dan Alamat Subdomain yang anda pilih mengandung kata kunci yang anda targetkan. Atau sembarang saja jika anda berniat mengganti subdomain blogspot anda dengan domain sendiri nantinya (entah itu .com, .org, .net, dll). 
o    Untuk bisnis online sangat disarankan untuk mengganti nama domain agar terlihat lebih profesional dan tentunya menunjang SEO jika nama domain anda bisa tepat sama dengan kata kunci yang anda kejar. (Biayanya cuma Rp.100.000/tahun)
3.      Setelah anda selesai di formulir ini silahkan klik tombol BUAT BLOG, dan selesai
Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog baru. Tapi blog saudara masihlah blog yang sangat standar dan belum ada isinya. Saudara akan sangat sulit bersaing di Google ataupun di pasar bisnis online jika hanya mengandalkan blog alakadarnya ini. Jadi anda harus tahu bagaimana cara membuat blog anda terlihat lebih menarik.

CARA MEMBUAT TAMPILAN BLOG BARU ANDA LEBIH KEREN DAN ELEGAN
Sekarang blog anda sudah jadi, tapi tampilannya masih sangat standar sekali. Jadi ada baiknya saudara melakukan penggantian template agar tampilan blognya menjadi lebih keren dan lebih profesional. Untuk melakukan ini saudara bisa mengunjungi http://btemplates.com/.

Anda akan melihat bahwa pada situs btemplates ini ada banyak sekali template yang menarik untuk anda gunakan. Tapi sebelum anda memilih yang mana yang akan anda gunakan untuk membuat blog menjadi lebih keren; ada baiknya anda mengklik dulu link DEMO untuk melihat bagaimana tampilan online dari template ini.
Anda akan diperlihatkan tampilan dari template yang sudah diterapkan pada sebuah blog. Jika anda menyukainya, maka silahkan mengklik tombol DOWNLOAD yang ada pada navbar paling atas (lihat gambar di bawah)
Anda akan diarahkan ke halaman detail template dan di sana ada sebuah link download. Silahkan klik pada link tersebut untuk mengunduh template blog anda anggap bisa membuat blog anda terlihat lebih profesional.


Akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi download anda, klik OK

Tunggu sampai pengunduhan file ZIP anda selesai. Jika sudah selesai; ekstraksi file ZIP tadi. Anda akan memperoleh sebuah folder yang di dalamnya ada file XML. File inilah yang akan anda upload pada blog baru yang tadi anda buat di blogspot. Pada contoh di bawah ada 2 file XML, yaitu versi dengan slideshow dan tanpa slideshow.

Sekarang anda sudah mempunyai sebuah template yang keren dan modis yang bisa dipasangkan pada blog yang baru anda buat ini. Tapi bagaimana cara memasang templatenya? Sederhana saja....Masuklah ke menu TEMPLATE dari blog anda dan cari tombol CADANGKAN DAN PULIHKAN di kanan atas layar anda. 


Akan muncul kotak pop-up. Silahkan klik browse dan buka file XML yang sebelumnya sudah anda ekstraksi dari file ZIP. Setelah anda memilih filenya silahkan klik UNGGAH



Tunggu sampai unggahan selesai, dan anda akan melihat tampilan dari blog anda sudah berubah sesuai dengan tampilan template blog keren yang sebelumnya anda pilih dan unggah. Jadi sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog anda tampil keren dan profesional. Hanya saja blog yang keren itu akan percuma jika tidak ada orang yang bisa menemukannya.

Yang perlu anda pelajari berikutnya adalah bagaimana cara membuat blog anda menjadi search engine friendly atau SEO ready. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam membuat blog anda karena SEO inilah yang akan membuat blog anda bisa masuk ke halaman pencarian di mesin pencari seperti Google.
BELAJAR CARA MEMBUAT BLOG ANDA MENJADI LEBIH SEO FRIENDLY
Sekarang anda sudah paham bagaimana cara membuat blog dan mengganti tampilannya. Dengan kata lain anda sudah memounyai sebuah blog dan blog itu sudah terlihat keren. Tapi apakah blog anda sudah bisa bersaing di Google? Tentunya bisa saja dicoba, tapi akan jauh lebih mudah jika anda melakukan optimasi SEO terlebih dahulu.
Apa yang dimaksud dengan SEO itu? SEO dalah usaha untuk membuat blog anda bisa muncul di halaman pencarian Google saat seseorang mencari sesuatu yang berkenaan dengan blog anda. SEO ini ada onpage dan juga ada Offpage. Onpage adalah segala sesuatu yang perlu kita lakukan pada blog kita, sedangkan offpage adalah yang perlu kita lakukan di luar mengedit blog kita.
Jadi kita di sini cuma bisa melakukan onpagenya saja.... Perlu diingat bahwa anda tidak perlu melakukan ini pada template-template yang sudah diklaim sebagai SEO friendly.
Cara Membuat Title Tag Blog Anda Menjadi SEO Friendly
Untuk membuat blog anda menjadi lebih SEO Friendly, maka ini adalah sesuatu yang perlu anda lakukan. Tapi sebelum anda melakukannya perhatikan dulu apakah title tag anda sudah benar atau belum benar? Bagaimana cara mengetahuinya? Mudah saja:
  • Bukalah homepage dari blog anda dan lihat bagian tab dari blog anda apakah menampilkan judul blog anda?
  • Jika sudah, sekarang buka satu artikel anda dan lihat tab browser anda, apakah menampilkan judul artikel anda?
Jika judul blog sudah ditampilkan di halaman homepage, dan judul artikel sudah ditampilkan di halaman artikel maka itu sudah cukup baik.... Lihat gambar di bawah ini

Sebaliknya, jika tampilan judul blog anda belum seperti di atas, maka coba gantikan kode 
< title>.... </title> yang ada di dalam menu TEMPLATE > EDIT HTML agar terlihat  seperti di bawah ini:
< b : ifcond =' data: blog. page Type == & quot; index & quot;'> < title >   < data: blog.    page Title/ > </ title > < b: else/> < title > < data: blog. page Name/> </title> </b:if>
Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.

Cara Membuat Meta Description Blog Lebih SEO Friendly


Untuk membuat meta description dari blog anda menjadi lebih SEO Friendly lakukan langkah-langkah di bawah ini:
  • Buka menu SETELAN > PREFERENSI PENELUSURAN dan lihat bagian paling atas halaman
  • Klik EDIT pada TAG META Deskripsi
  • Pilih Ya
  • Masukkan 150 karakter yang anda anggap mengandung kata kunci yang anda incar dan paling tepat menggambarkan isi dari halaman muka blog anda, karena ini adalah tempat memasukkan meta description untuk homepage.
  • Klik Simpan Perubahan, maka anda sudah mengaktifkan meta description pada blogspot anda.

Editan Ringan Pada Heading Blogspot Anda


Setelah anda mengedit 2 hal di atas; kembalilah ke menu TEMPLATE > EDIT HTML dan klik pointer kursor anda di antara kode-kode yang ditampilkan setelah itu tekan CTRL+F.
  • Masukkan kode <h3 dan tekan enter, anda akan di bawah menuju kode tersebut dan ubahlah menjadi <h2. Tekan enter lagi untuk menemukan <h3 yang lainnya dan ubah semuanya menjadi <h2. Jika enter anda tiba-tiba merusak kode, cukup tekan saja CTRL+Z untuk UNDO dan mengembalikan perubahan terakhir
  • Ganti kode <h3 yang ada di kotak pencarian menjadi </h3>, lalu tekan lagi enter untuk mencari semua kode itu dan ubah jadi </h2>.
  • Jika sudah selesai, tekan tombol jingga SIMPAN TEMPLATE.
Semua perubahan di atas mungkin hanya akan membawa onpage blog anda menjadi 70% SEO Friendly, tapi itu sudah cukup sebagai awalan. Nanti ke depannya anda akan mempelajari teknik-teknik lanjutan untuk membuat blog anda menjadi lebih SEO lagi....

CARA MEMBUAT BLOG MENJADI POPULER

 

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk membuat blog anda menjadi populer. SEO hanya salah satu jalan untuk membuat blog anda menjadi populer. Metode mana yang anda pilih harus disesuaikan dengan jenis blog yang anda buat, budget yang anda miliki. Semakin minim budgetnya maka proses membuat blog menjadi populer itu menuntut kerja keras kita sendiri.

Untuk gambaran yang lebih lengkap tentang cara membuat blog menjadi populer silahkan baca link di bawah ini:
TIPS DASAR MEMBANGUN POPULARITAS BLOG <-- Pemula Coba Baca Ini Dulu
Sampai di sini anda sudah tahu cara membuat blog sendiri di blogspot dan tahapan untuk membuat blog menjadi populer, bahkan anda sudah mengganti templatenya. Apakah sudah selesai? Tentu belum. Anda masih harus melakukan sedikit setelan untuk membuat blog baru anda ini lebih SEO Friendly.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT ARTIKEL DI BLOG BARU ANDA

 

Ok, sekarang blognya sudah ada, sudah keren, dan sudah SEO friendly juga, tapi masih kosong dan tidak ada artikelnya. Jadi sekarang saatnya anda belajar cara membuat artikel. Ini sangatlah mudah jadi anda pasti bisa melakukan ini.... Anda cukup mengenali icon-icon yang menjadi fitur di editor posting di blogspot di bawah ini:
1.      JUDUL POS adalah kolom untuk memasukkan JUDUL dari artikel yang anda akan buat.Untuk membuat blog anda bersaing di pencarian Google, pastikan anda meletakkan kata kunci yang anda incar di awal judul.
2.      PUBLIKASIKAN adalah tombol untuk menerbitkan postingan yang anda anggap sudah selesai dan sudah layak terbit.
3.      SIMPAN adalah tombol yang bisa anda gunakan untuk menyimpan ketikan anda dalam bentuk draft jika anda belum bisa menyelesaikannya saat itu juga. Anda bisa mengeditnya lagi nanti dengan membuka menu POS dan mengklik link EDIT di bawah draft yang tersimpan ini.
4.      PRATINJAU adalah tombol untuk melihat bagaimana tampilan dari ketikan anda saat diterapkan dalam template blog anda
5.      TUTUP adalah tombol untuk menutup editor ini
6.      COMPOSE adalah tampilan RICH TEXT saat kita sedang mengetik artikel
7.      HTML adalah tampilan dalam bentuk kode HTML, anda juga bisa membuat kode yang tidak ada pada icon di tampilan ini.
8.      UNDO dan REDO, di mana anda bisa membatalkan atau mengulangi suatu tindakan
9.      FONT FAMILY adalah tombol untuk mengubah jenis huruf yang digunakan dalam pengetikan
10.  FONT SIZE adalah tombol yang digunakan untuk mengubah ukuran dari huruf
11.  FORMAT adalah tombol untuk mengubah suatu text menjadi judul poin pembahasan, atau judul subpoin pembahasan, atau judul dari subsubpoin pembahasan. Sangat direkomendasikan menggunakan fitur ini untuk membuat artikel blog menjadi SEO friendly.
12.  BOLD adalah tombol untuk membuat huruf menjadi cetak tebal. Untuk membuat blog anda lebih SEO, maka sebaiknya pemunculan pertama kata kunci di dalam artikel yang anda buat dicetak tebal
13.  ITALIC adalah tombol untuk membuat cetak miring, selain bold anda juga bisa menggunakan ini dan poin SEOnya sama saja
14.  UNDERLINED adalah tombol untuk memberi garis bawah
15.  STRIKETHROUGH adalah tombol untuk memberi coretan pada tulisan
16.  FONT COLOR adalah tombol untuk mengubah warna teks
17.  FONT HIGHLIGHTS berfungsi untuk memberi sorotan berwarna pada suatu bagian di dalam artikel yang dianggap penting
18.  LINK dipergunakan untuk membuat tautan di dalam artikel anda
19.  MASUKKAN GAMBAR tentu saja untuk memasang gambar di dalam postingan
20.  MASUKKAN VIDEO untuk mengunggah sebuah video ke dalam postingan anda
21.  JUMPBREAK digunakan untuk memotong tampilan artikel saat ditampilkan di halaman muka blog anda. Cukup klik pada suatu titik di dalam artikel anda lalu klik icon jumpbreak ini, maka yang berada di bawah titik yang anda tentukan tadi tidak akan ditayangkan di halaman muka.
22.  RATA TEKS, digunakan untuk mengatur tulisan rata kiri, tengah, kanan, atau imbang.
23.  ORDERED LIST untuk memberi penomoran pada poin-poin artikel.
24.  UNORDERED LIST untuk memberi penandaan pada poin-poin artikel.
25.  QUOTE untuk memberi tampilan khusus pada frasa atau kalimat atau paragraf yang kita anggap sebagai kutipan
26.  REMOVE FORMATTING, untuk membersihkan semua style atau editan yang sudah kita terapkan pada suatu bagian di dalam artikel
27.  CHECK SPELLING, jika anda mau mengecek pengejaan. Sepertinya ini untuk bahasa inggris saja
28.  LEBEL, untuk memberi label kepada tulisan anda sebagai sistem pengelompokan artikel
29.  JADWAL, bisa anda gunakan untuk menentukan waktu artikel akan terbit secara otomatis suatu saat di waktu yang akan datang
30.  TAUTAN PERMANEN bisa anda gunakan untuk membuat URL yang anda inginkan untuk artikel anda
31.  LOKASI untuk memasukkan keterangan tempat di mana anda saat menulis  artikel tersebut
32.  DESKRIPSI PENELUSURAN, ini adalah tempat memasukkan meta description ke dalam artikel. Masukkan penjelasan singkat dari isi artikel anda (max.150 karakter) dan pastikan mengandung kata kunci....
33.  PILIHAN adalah tombol yang berisi opsi HTML untuk mode tulis dan baris baru ketikan anda. Kalau anda bingung, maka abaikan saja.
Selesai! Sekarang pengetahuan dasar cara membuat blog dengan benar. Silahkan kembangkan blog yang baru anda buat ini, atau silahkan juga membuat blog yang lainnya. Tapi perlu dicatat bahwa materi ini hanyalah pembukaan saja dari pengetahuan blogging dan SEO, masih ada banyak hal untuk saudara pelajari di dunia blogging ini.

COBA JUGA ARTIKEL DI BAWAH INI

Jika ingin mendapatkan buzz terkini seputar SEO dan blog, silahkan add akun saya di bawah ini
Facebook ---> https://www.facebook.com/ricky.pratama.12139
Twitter ---> https://twitter.com/rickypratamaseo
Dan jika tidak keberatan mohon vote-nya untuk blog saya di sosmed, thanks berat gan![19]

C.     KESIMPULAN
Dunia Pendidikan selalu berinovasi   seperti halnya  dengan Media pembelajaran,yaitu web blog.Web Blog merupakan salah satu media pembelajaran yang murah dan mudah sebab, isi teks bisa dibaca kapan saja dan dimana saja apabila ada sinyal internet dan harus ada listik di sekolah,jika untuk ditayangkan,   namun bagi anak anak tidak mesti pakai listrik yang penting handpon mereka menyalah dan sinyal internet ada.
  Web log atau singkatnya Blog, adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan – tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting – posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan posting secara terbalik, meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Untuk anak didik web merupakan ajang latihan menulis, menulis apa pun yang dia suka asal punya etika













DAFTAR PUSTAKA
Aryad, Azhar 2006,Media Pembelajaran, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Dowaen, 2012,Blog Sebagai Media Belajar By Okta di akses Pada tanggal 16 November
Fathurrohman, 2008 Teknologi dan Media Pembelajaran ,Surabaya : Dakwah Center Press.
Hakim, Rachman, 2010,Cara Cerdas Mengelola Blog, Jakarta: PT Elex media Komputindo.
Harjanto,1997 ,Perencanaan Pengajaran, Jakarta: PT Rineka cipta,
http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta/
http://trikmudahseo.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-blog.html
http://nuruljamiatur1210211027.blogspot.co.id/
http://trikmudahseo.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-blog.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet
Sadiman , Arief Dkk,1996, Media Pendidikan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada,
Sanjaya, Wina 2010 Perencanaan dan Desain system Pembelajaran, Jakarta: Kencana.
Solomon, [1]Gween lynne Scrum, 2011 Web 2.0 Panduan bagi para pendidik ,Jakarta : PT indekx,.
Suryana, Oya 2008 Mataya Studio, Membanggun Blog Wordpress, Jakarta: PT elex Media Komputindo.
Usman,Moh.Uzer,1992 Menjadi Guru Profesional,Bandung:Remaja Rosadakarya,
Wahyono, Teguh 2009, Blogspot, Jakarta: PT elex Media komputindo.





[1] https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Internet&action=edit&section=1
[2]  Teguh Wahyono, Blogspot, (Jakarta: PT elex Media komputindo, 2009 ) Cet 2, hal. 3-5
[3] https://id.wikipedia.org/wiki/Internet
[4]Gween Solomon, lynne Scrum, Web 2.0 Panduan bagi para pendidik (Jakarta : PT indekx, 2011) hal. 15.

[5] Rachman Hakim, Cara Cerdas Mengelola Blog, (Jakarta: PT Elex media Komputindo, 2010) hal. 1

[6] Oya suryana, Mataya Studio, Membanggun Blog Wordpress, (Jakarta: PT elex Media Komputindo, 2008) hal. 2-5
[7] Fathurrohman, Teknologi dan Media Pembelajaran (Surabaya : Dakwah Center Press, 2008) hal. 42
[8] Azhar Aryad, Media Pembelajaran, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2006 ) hal. 3
[9] Arief S sadiman , Dkk, Media Pendidikan, (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1996) hal. 6
[10]Fathurrohman, Teknologi Dan Media Pembelajaran, hal. 43
[11] Ibid, hal. 43
[12] Wina sanjaya, Perencanaan dan Desain system Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2010) hal. 211- 212
[13]  Azhar Aryad, Media Pembelajaran, hal. 16-17

[14] Harjanto, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: PT Rineka cipta, 1997) hal. 238-239
[15]  Moh.Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional,(Bandung:Remaja Rosadakarya,1992), hal.6-9.  
[16] Dowaen, Blog Sebagai Media Belajar By Okta di akses Pada tanggal 16 November 2012 dalam http://dowaen.wordpress.com/blog-sebagai-media-belajar-by-okta/
[17] http://nuruljamiatur1210211027.blogspot.co.id/
[18] http://nuruljamiatur1210211027.blogspot.co.id/
[19] http://trikmudahseo.blogspot.com/2014/07/cara-membuat-blog.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar